JJ Royal Coffee

JJ Royal Gunung Biru Arabica Coffee

Mon, 23 Mar 2015

Kawah Ijen

Fenomena Alam Yang Indah

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar.

Di dalam kawah terdiri atas endapan batuan sisa letusan. Tebing - tebing terjal mengelilingi kawah dan bila kita ingin menuju ke kawah kita harus melalui jalanan di sekitar tebing yang biasa dilalui penambang belerang

Kawah yang berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur ini begitu mempesona dan memukau banyak pelancong dari mancanegara. Saat malam hari, Anda bisa melihat danau kawah luas yang menakjubkan bersama api berwarna biru dari belerangnya.

Kawah Ijen merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur yang masih menggunakan cara tradisional. Ijen memiliki sumber sublimat belerang yang seakan tidak pernah habis dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri kimia dan penjernih gula.

Pemandangan Kawah Ijen begitu menakjubkan ketika disinari Matahari pagi dengan memancarkan kemilau hijau toska. Air kawahnya tenang berwarna hijau kebiruan namun Anda tidak diperkenankan menuruninya karena air kawah bervolume sekitar 200 juta meter kubik itu panasnya mencapai 200 derajat celcius.

Disekitar lokasi kawah juga terdapat Dam Kawah Ijen yang merupakan bagian dari objek wisata menarik tetapi tidak selalu dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan jalan untuk menuju ke sana cukup sulit dan sering rusak karena longsor.

Di kawasan kawah ijen juga terdapat Perkebunan kopi Kayumas yang sangat terkenal. Letaknya berada di kecamatan Arjasa, sekitar 47 Km dari kota Situbondo dan terletak diketinggial 760 - 1550 M dari atas permukaan laut.

Awal mulanya di tahun 1886, perkebunan ini merupakan kebun kopi arabika dan beberapa tanaman kina dengan nama NV Mijt dan berubah menjadi Van Landem Kayumas hingga 1957.

Saat ini, Perkebunan Kopi Kayumas di bawah pengelolaan PTPN XII yang sudah berlaku sejak 1996 dengan menggunakan merek dagang Java Coffee Kayumanis. Selain penyumbang komoditas kopi arabika, perkebunan ini juga sedang gencar mengembangkan budidaya kopi luwak sebagai produk unggulannya.

JJ Royal Gunung Biru Arabica Coffee

Ketenaran Kopi Arabika di Jawa Timur memiliki prospek untuk diekspor karena mempunyai aroma dan cita rasa yang khas. Salah satu kopi arabika unggulan dari tanah Jawa berasal dari Kawah Ijen dan Anda bisa menikmatinya melalui produk unggulan JJ Royal Gunung Biru Java Estate Arabica yang menggunakan biji kopi perkebunan Kayumas yang langka dan berkualitas tinggi. Sebagai penghasil Java Estate Coffee, Gunung Biru Arabica adalah salah satu varietas kopi tertua di Indonesia.

Terletak 1,200 meter diatas dataran laut, kopi ini ditanam, dipetik dan diproses dalam kondisi yang optimal. Kemudian biji kopi disangrai dengan teliti hingga mencapai kematangan yang sempurna.

JJ Royal Coffee sebagai produsen kopi Specialty Grade 1, melalui keahlian dan kecintaannya terhadap kopi Indonesia meluncurkan produk yang terbuat dari 100% biji kopi murni tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya. Kopi digiling secara utuh lalu di-roasting dengan tingkat medium to dark, sehingga menghasilkan tingkat pencapaian rasa yang sempurna. (san)